Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah, Biar Kamu Gak Salah Jurusan!

tes minat bakat jurusan kuliah

Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu keputusan terpenting buat kamu calon mahasiswa. Untuk itu, tes minat bakat jurusan kuliah sangat penting. Mengapa? Soalnya dari pilihan tersebut bisa memengaruhi kehidupan jangka panjang kamu mulai dari pengalaman kerja yang akan ditempuh, besaran penghasilan, dan juga keterampilan buat karir kamu di masa mendatang. 

Makanya, emang gak segampang itu buat tahu minat dan potensimu. Apalagi jurusan terbaik buat kamu. Kalau asal-asalan akhirnya kamu malah ngerasa salah jurusan deh. Sekarang untungnya ada tes minat bakat jurusan kuliah.

Penyebab Mahasiswa Salah Jurusan

Tahu enggak sih kalau menurut survey yang dilakukan oleh para ahli Educational Psychologist dari Integritas Development Flexibility (IDF) mengatakan kalau 87 persen mahasiswa RI salah jurusan loh! Banyak mahasiswa yang salah jurusan karena beberapa faktor berikut:

  • Ikut-ikutan teman
  • Kebanyakan menerima saran
  • Penawaran beasiswa sehingga yang penting bisa kuliah gratis
  • Keinginan orang tua

Dampaknya apa ya kalau kamu salah jurusan? Kalau sampai kamu salah jurusan akibatnya kamu bakal kesusahan buat mengikuti perkuliahan. Hal ini kalau dibiarkan bakal berimbas sama hasil pembelajaran kuliah kamu yang gak maksimal.

Lalu, Gimana SUPAYA Gak Salah Jurusan? IKUT Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah AJA!

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya gak salah jurusan saat mau daftar ke kampus impianmu. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Tahap 1: Mengenali Minat dan Potensi 

Minat sendiri merupakan kecenderungan hati seseorang untuk menyukai suatu hal. Sementara, potensi adalah untuk mendapatkan sesuatu. Untuk itu, keduanya beriringan sehingga kamu perlu mengetahui keduanya ketika ingin memilih jurusan. 

Kalau kamu punya minat yang tinggi tapi potensimu kurang, maka bisa mengakibatkan kamu gak bisa survive ketika menjalani perkuliahanmu. Begitu juga dengan Minat yang rendah dan potensi yang tinggi juga akan menyebabkan kamu berat hati menjalani perkuliahan tersebut.

Untungnya, sekarang ada tes minat bakat jurusan kuliah dari GoPTN yang bisa membantumu mengenali potensi diri, termasuk kelebihan dan kekurangan baik dari segi akademis ataupun kepribadian. Nah, melalui tes minat bakat jurusan kuliah juga, kamu jadi lebih terarah deh dalam menentukan jurusan apa yang tepat buatmu!

2. Tahap 2: Gunakan SWOT Analysis

Nah, kalau sudah tahu minat dan potensimu, sekarang waktunya analisis pakai SWOT. Hah, itu apa ya? Analisa SWOT merupakan singkatan yang berasal dari 4 elemen yakni:

  • Strength: Kekuatan dari dalam diri kamu.
    • Misalnya: Jago kamu jago dalam hal membuat gambar
  • Weakness: Kelemahan dari dalam diri kamu.
    • Misalnya: Nilai rapot kamu rendah.
  • Opportunity: Peluang yang berasal dari luar.
    • Misalnya: Beasiswa, akreditasi sekolah, dan alumni yang lulus dari jurusan tersebut sehingga bisa mendongkrak akreditas sekolahmu.
  • Thread: Ancaman yang berasal dari luar.
    • Misalnya: Keinginan orang tua kamu untuk kuliah di jurusan atau kota tertentu atau bisa juga ketika kamu tidak punya biaya untuk kuliah.

Nah, dengan mengetahui SWOT kamu, maka kamu pun juga lebih bisa mengenal dirimu sehingga gak asal-asalan lagi ketika memilih jurusan. Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menggunakan analisis SWOT ini untuk mencari jurusan apa yang tepat buatmu, tenang aja karena kamu bisa konsultasikan dengan GoPTN.

3. Tahap 3: Pilih Prodi dengan Peluang Tertinggi

Tahapan yang terakhir supaya kamu gak salah jurusan adalah memilih prodi yang punya peluang tertinggi. Jadi di tahap ini kamu pilih deh prodi mana yang peluangnya tertinggi kalau dari hasil eliminasi dari tahap 2 tadi.

Nah, dengan mengikuti beberapa tahap tadi, kamu bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan potensimu, pokoknya bisa milih jurusan kuliah yang kamu banget. 

Jadinya, kamu pun bisa enjoy ketika menjalani perkuliahan tersebut. Jadi, udah siap tahu minat dan potensi kamu sebelum memilih jurusan kuliah? Yuk, konsultasi dan ikuti tes minat bakat jurusan kuliah GoPTN dan temukan jurusan kuliah terbaikmu!